Tokyo Alami Hari Terdingin Dalam 48 Tahun Terakhir

 Jan, 28 - 2018   no comments   CUACA EKSTRIM

Temperatur di pusat kota Tokyo turun sangat drastis hingga minus 4 derajat celcius pada Kamis (25/01) pagi, tercatat sebagai suhu terendah di ibukota selama 48 tahun terakhir. Tercatat jika sistem tekanan rendah yang berada di atmosfer telah mendinginkan daerah-daerah yang luas di semua wilayah di Jepang, dan kota-kota secara nasional mencatat suhu terendah musim dingin ini kecuali di pulau-pulau paling selatan di Okinawa dan Amami.

Salju Tertebal Pertama Dalam 4 Tahun Terakhir

Badan cuaca Jepang Senin lalu mengeluarkan peringatan salju tebal untuk daerah Tokyo untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir.Mereka mendesak orang untuk pulang lebih awal di tengah kekhawatiran kekacauan transportasi publik.Sejumlah penerbangan domestik dari dan ke ibukota Jepang juga dibatalkan karena salju, sementara beberapa kereta regional juga dibatalkan.

Daerah utara Jepang sering melihat selimut salju tebal namun cuaca seperti itu jarang terjadi di Tokyo. Dan dengan hujan salju diperkirakan akan semakin berat, Tsumoru Matsumoto, kepala badan tersebut, mendesak orang untuk memotong hari kerja mereka. “Akan ada hujan salju yang berat malam ini” di Tokyo, kata Matsumoto, memperingatkan bahwa “salju kemungkinan akan mempengaruhi transportasi umum” saat perjalanan malam dimulai.

Kerumunan besar berdesakan di bawah hujan salju di Shinjuku, stasiun kereta tersibuk di dunia, saat jam sibuk malam dimulai.Salah satu pengguna Twitter mengeluhkan tidak mungkin untuk bergerak di Shinjuku karena sangat padat.Pihak badan cuaca hanya mengeluarkan peringatan adanya salju tebal saat ada kekhawatiran bahwa ada kerusakan pada properti atau gangguan lalu lintas. “Di Tokyo, kami juga memperingatkan salju tebal jika salju diperkirakan menumpuk lebih dari 10 sentimeter (4 inci) dalam 12 jam,” kata Sakiko Nishioka dari badan cuaca tersebut kepada AFP.

Terakhir kali peringatan dikeluarkan, pada bulan Februari 2014, Tokyo mendapati salju setinggi 27 centimeter. Berbeda dengan Tokyo, untuk wilayah utara negara yang sering melihat salju tebal memiliki bar Agen poker online yang lebih tinggi untuk peringatan tersebut..”Hal ini mendorong beberapa olok-olok di media sosial Jepang, dengan satu pengguna mencatat “transportasi umum lumpuh dengan salju kecil di Tokyo dan kerumunan orang tidak dapat pulang ke rumah.”

Hari Terdingin di Tokyo

Usai salju tebal, kemudian datang hari terdingin.Ini adalah pertama kalinya sejak Januari 1970 bahwa Tokyo tengah telah mencatat suhu udara rendah seperti itu. Fuchu di pinggiran Tokyo melaporkan rekor suhu rendah minus 8,4 C. Pada hari Senin, salju turun 21 centimeter di Tokyo yang merupakan salju tertebal sejak Februari 2014 dan telah mengganggu layanan kereta api, penerbangan dan transportasi darat.

Akumulasi salju dan jalan-jalan yang membeku telah menyebabkan kecelakaan di ibu kota, yang menyebabkan Pemadam Kebakaran Tokyo mengirimkan regu penyelamat 2.836 kali pada hari Rabu saja, angka tertinggi sejak meluncurkan layanan darurat pada tahun 1936. Sebanyak 592 orang, berusia 2 hingga 99, telah dibawa ke rumah sakit oleh regu penyelamat di Tokyo dari Senin sampai Rabu malam, menurut pihak pemadam kebakaran tersebut.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, pola tekanan musim dingin, yang telah menjatuhkan salju tebal ke pesisir Laut Jepang dan daerah pegunungan, diperkirakan akan bertahan hingga sekitar Sabtu. Badan tersebut memperkirakan hujan salju turun hingga 80 cm dalam 24 jam sampai pukul 6 pagi di kawasan pantai Laut Jepang, Hokuriku, dan 50 cm di timur laut Jepang dan wilayah Tokyo yang lebih besar.

Sekitar 40 cm hujan salju diperkirakan terjadi di wilayah utara Hokkaido dan wilayah barat Jepang di Chugoku. Wilayah Tokai di wilayah Jepang tengah dan Kinki meliputi Osaka diperkirakan akan mencapai salju setinggi 30 cm. Kabarnya, musim dingin yang ekstrem ini juga menjalar hingga ke wilayah negara Korea.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Fields with * are mandatory.