Media Korut Tuduh Korsel Sebarkan Propaganda Lewat Film dan Drama

 Mar, 20 - 2020   no comments   Drakor

Media yang dimiliki oleh Pemerintah Korea Utara menuduh bahwa Korea Selatan telah menyebarkan sebuah propaganda anti-kepemimpinan negara sosialis itu lewat drama dan juga film yang dibuat mereka beberapa waktu belakangan ini.

Korsel Sebar Propaganda Anti-Korea Utara?

Dilansir dari CNN Indonesia, laman penyedia berita yang mana dikuasai oleh Pemerintah Korea Utara, Uriminzokkiri, mengecam para pembuat film Korsel. Kecaman yang dituangkan pada hari Rabu (4/3) itu sontak menggegerkan negara Korea Selatan. Mereka menyebut bahwa para sineas Korsel telah menyebarkan “film dan juga drama anti-Korea Utara yang absurd dan dengki serta penuh kebohongan juga rekayasa.”

Media itu memang tidak menyebutkan detail rumah produksi mana atau judul drama dan juga film mana yang mereka maksud untuk menyebarkan apa yang disebutnya sebagai propaganda anti-Korea Utara. Akan tetapi, kantor berita Korea Selatan, Yonhap, disebutkan oleh CNN Indonesia menduga bahwa tudingan itu merujuk pada film Ashfall dan drama Crash Landing on You.

Tak Cuma itu, Uriminzokkiri pun menyatakan bahwa para pembuat film Korea Selatan mesti “membayar harga” untuk mengarang “kenyataan cerah” soal Korea Utara.

Film Ashfall dan Drama Crash Landing on You

Film Ashfall sendiri adalah sebuah film yang bercerita tentang bencana yang dibintangi Ha Jung-woo, Ma Dong-seok, Lee Byung-hun dan Bae Suzy. Film tersebut berkisah tentang perjuangan togel hongkong 2020 sekelompok tim yang mana ditugaskan Pemerintah Korea Selatan untuk mencegah letusan besar Gunung Baekdu. Dalam menjalankan misinya, kelompok Korea Selatan bekerja sama dengan salah satu mantan pejabat Korea Utara. Mereka pun menggunakan bahan senjata nuklir Korea Utara guna mencegah ledakan Gunung Baekdu terjadi.

Sebagai penggemar film tentang bencana dan penyelamatan dunia, pasti anda akan menyukai film ini. Film Korea Selatan yang bergaya Hollywood ini menceritakan upaya dua perwira militer Korea Selatan dan Korea Utara untuk mencegah letusan besar-besaran Gunung Paektu yang terletak di ujung utara Semenanjung Korea.

Sejumlah pihak pun akhirnya mengkritik Ashfall karena dianggap terlalu memuliakan Korea Utara, negara yang mana sering berseteru dengan Korea Selatan sejak mereka berpisah usai perang Korea pada tahun 1950-1953.

Kritikan itu juga makin deras karena berdekatan dengan penayangan Crash Landing on You, sebuah drama komedi romantis. Dalam kedua tayangan tersebut, Korut digambarkan sebagai negara yang sangat ideal dan normal untuk ditempati, sangat berbeda dengan narasi di Korsel selama ini. Crash Landing on You sendiri pasalnya mengangkat kisah pewaris bisnis mode ternama di Korea Selatan yang mana mengalami kecelakaan ketika paralayang dan terjatuh di daratan Korea Utara. Kemudian ia ditolong oleh seorang tentara KOrea Utara.

Berkat ada peran dua bintang kenamaan Korea Selatan, Son Ye-jin, dan Hyun Bin, drama ini tetap mendapatkan sambutan hangat dari para penggemarnya, terutama penggemar perempuannya. Sehingga drama ini mendapatkan rating terbilang sampai dengan 9.2% untuk episode terbarunya. Sejumlah pihak pasalnya menganggap percintaan atau pun persahabatan antara kedua negara tidak pantas dipertontonkan di tengah buntunya perundingan nuklir antara AS dan Korut, yang mana kemudian berpengaruh juga pada Korea Selatan itu.

Drama yang bercerita tentang kisah cinta prajurit militer dan juga anak petinggi pemerintahan Korea Utara dengan pebinsnis yang juga seorang miliader Korea Selatan ini memang mengaitkan perbedaan ideology dari dua Korea. Dan ini adalah topic yang sangat sensitive untuk dibahas di sana.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Fields with * are mandatory.